BELAJAR DASAR-DASAR TABLEAU

terminologi tentang worksheet tableau

Berikut nama dan definisi yang memudahkan Anda memahami antarmuka Tableau:

  1. Data Sources: Menampilkan semua koneksi data di lembar kerja. Perhatikan bahwa hanya satu koneksi data (Contoh – Superstore) yang ditampilkan dalam contoh ini, tetapi Anda dapat menyambungkan ke lebih dari satu sumber data dalam satu waktu.
  2. Dimensions area: Daftar semua bidang di sumber data yang diklasifikasikan sebagai dimensi
  3. Measures area : Daftar semua bidang di sumber data yang diklasifikasikan sebagai ukuran
  4. Sets area : Jika sumber data yang Anda gunakan berisi setidaknya satu kumpulan, atau jika Anda telah membuat satu atau beberapa kumpulan, mereka akan muncul di sini.
  5. Parameters area : Jika buku kerja yang Anda gunakan berisi setidaknya satu parameter, atau jika Anda telah membuat satu atau beberapa parameter, mereka akan muncul di sini.
  6. Pages : memungkinkan Anda untuk “membalik” melalui “pages” untuk setiap anggota dimension dan / atau menambahkan animasi ke tampilan. Misalnya, Anda dapat meletakkan dimensi untuk Bulan Tanggal Pemesanan ke pages.
  7. Filters : Setiap dimension atau measure yang Anda gunakan untuk memfilter tampilan akan ditampilkan di sini.
  8. Marks Card : Setiap kotak di area ini disebut Mark Cards, disebut demikian karena mempengaruhi tanda pada tampilan. Perhatikan setiap tanda pada tampilan, bergantung pada jenis bagan yang Anda buat, Mark Card akan muncul, seperti untuk shape atau path.
  9. Legend: Ada beberapa legend berbeda yang akan muncul di sini untuk menunjukkan bagaimana tanda dikodekan, termasuk Warna (gambar), Ukuran, dan Bentuk.
  10. Columns : Bidang yang ditempatkan di sini akan membuat kolom pada tampilan.
  11. Rows : Bidang yang ditempatkan di sini akan membuat baris pada tampilan.
  12. Worksheet/View: Setiap tab dalam buku kerja Tableau disebut lembar kerja dan area yang menampilkan visualisasi data adalah tampilan.
  13. “Pill”: Istilah untuk bidang yang digunakan pada lembar kerja. Istilah ini digunakan karena dimensi bentuk setelah ditempatkan di Marks Card.
  14. Mark: setiap tanda data pada tampilan
  15. Show Me : Saat Anda mengklik Show Me di sudut kanan atas antarmuka, Anda akan melihat gambar mini untuk 24 jenis bagan yang berbeda. Anda dapat menggunakan kombinasi dimension dan measure yang diperlukan untuk membuat masing-masing bagan. Gambar bagan akan berwarna, ketika Anda mengklik salah satu atau beberapa dimension atau pun measure; namun akan berwarna abu-abu jika Anda tidak mengklik dimension atau measure. Mengklik thumbnail bagan yang berwarna akan menggambarkan visualisasi tersebut dengan kombinasi bidang yang Anda gunakan. Show Me memberikan jalan pintas yang bagus untuk membuat beberapa jenis bagan.

Nah itu tadi pembahasan terkait belajar dasar-dasar tableau. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang dimension atau measure, nantikan tulisan saya berikutnya ya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference

1 thought on “BELAJAR DASAR-DASAR TABLEAU

  1. Pingback: DIMENSIONS DAN MEASURE (TABLEAU) – Adhi Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.