Jenis-jenis Filter Tableau

Filter

Data dapat diatur dan disederhanakan dengan menggunakan filter data. Filter adalah bagian penting dalam menganalisa data. Di Tableau, ada beberapa cara Anda dapat memfilter dan membatasi data Anda. Ini dapat meningkatkan kinerja, memberikan informasi yang diinginkan user, atau menyoroti data utama dalam analisis Anda. Sebelum Anda mulai memfilter data di Tableau, penting untuk mengetahui berbagai jenis filter dan penggunaannya.

1. Extract Filter

Saat menghubungkan data, Anda dapat memilih untuk mengekstraknya, menyimpan cuplikan tampilannya di workbook dan pada akhirnya mengurangi frekuensi Tableau mengkueri sumber data. Sebagai bagian dari proses ini, Anda dapat memfilter data yang tidak relevan dengan analisis Anda. Misalnya, Anda memiliki sumber data selama 20 tahun terakhir, tetapi Anda hanya menginginkan data 5 tahun terakhir. Filter ekstrak akan ideal dalam kasus ini.

Extract

2. Datasource Filter

Datasource filter dapat mengurangi jumlah data yang dimasukkan ke Tableau dan membatasi data apa yang dilihat user. Dengan hak akses tertentu, viewer dapat melihat semua data utama dalam sumber data. Jika data sensitif belum dikecualikan dari sumber data, gunakan datasource filter untuk memfilternya. Untuk sistem yang sangat bergantung pada partisi atau pengindeksan, datasource filter dapat menghasilkan kontrol luar biasa atas kinerja kueri yang dikeluarkan oleh Tableau.

Datasource

3. Context Filter

Semua filter di Tableau dihitung secara independen. Jika Anda ingin satu filter diterapkan sebelum filter lain, gunakan context filter sehingga akan diproses terlebih dahulu. Misalnya jika Anda memiliki dua dimension filter, satu di Wilayah dan 10 teratas lainnya di produk, kedua filter akan diterapkan ke seluruh kumpulan data. Jika Anda ingin melihat 10 produk teratas di setiap region, atur filter region sebagai filter konteks.

Context

4. Dimension Filter

berisi data kategoris diskrit, jadi pemfilteran jenis bidang ini biasanya melibatkan pemilihan nilai untuk disertakan atau dikecualikan. Misalnya, gunakan filter dimensi untuk menampilkan produk yang memiliki penjualan rendah di wilayah tertentu.

Dimension Filter

5. Measure Filter

berisi data kuantitatif, jadi pemfilteran jenis bidang ini biasanya melibatkan pemilihan rentang nilai yang ingin Anda sertakan. Misalnya, tampilkan hanya produk yang memiliki penjualan lebih dari 10.000.

Measure Filter

6. Table Calculation Filter

Filter ini diterapkan setelah tampilan dihasilkan. Jadi jika Anda ingin memfilter tampilan tanpa memfilter data yang mendasarinya, filter Penghitungan Tabel adalah caranya.

Table Calculation Filter

dan terakhir Tableau mengeksekusi filter ke dalam urutan berikut:

urutan filter

Nah, itulah tadi pembahasan tentang jenis-jenis filter menambahkan palet warna tableau. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam mengedit palet warna tableau. Anda pun bisa menambah skill tentang visualisasi data bersama saya. Silakan menghubungi  0857 0713 2649 untuk penawaran pelaksanaan Workshop Pelatihan Tableau bersama kami.

Nantikan tulisan saya berikutnya. Feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat.

AB

training pupuk indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.