PRINSIP MENDESAIN TABEL

Tabel bukanlah jenis dari visualisasi data. Namun Tabel seringkali menjadi hal yang paling tepat untuk menyajikan sebuah informasi, terutama jika itu adalah tabel yang interaktif dalam web.

Saat pembaca ingin mencari baris data tertentu maka tabel menjadi opsi yang menarik dibandingkan dalam bentuk grafik atau peta. Selain itu, tabel berfungsi lebih baik daripada diagram jika tidak ada pola visual yang luas untuk ditekankan, dan berfungsi lebih baik daripada peta saat tidak ada pola spasial tertentu.

Kali ini kita akan coba membahas prinsip mendesain tabel agar lebih interaktif. Tulisan kali ini merujuk buku Hands-On Data Visualization, karya Jack Dougherty dan Ilya Ilyankou

Mari kita mulai dengan beberapa prinsip, mendesain tabel yang baik, mirip dengan “Prinsip Desain Bagan” dan “Prinsip Desain Peta” dari Jonathan Schwabish, seorang ekonom yang berspesialisasi dalam membuat visualisasi data.

Berikut adalah ringkasan dari beberapa poin utamanya,

1- Tonjolkan Header di atas data.

2- Gunakan light shading untuk memisahkan baris atau kolom.

3- Perhatikan teks rata kiri dan angka rata kanan agar lebih mudah dibaca.

4- Hindari pengulangan dengan menempatkan kategori hanya di baris pertama.

Contoh tabel yang mengilustrasikan prinsip desain yang dipilih

Nah, itulah prinsip mendesain tabel . Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam hal pembuatan tabel yang menarik.

Nantikan tulisan saya berikutnya. Feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat.

AB

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.